CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Kamis, 28 Agustus 2008

Sudahkah kita mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan?

Mungkin ada diantara kita yang tidak menyadari bahwa bulan yang Agung akan segera menghampiri kita dalam beberapa hari ke depan.

Bulan Ramadhan.

Bulan Mulia.

Bulan dimana Allah memberikan kesempatan bagi kita untuk menggali banyak pahala. Bulan seribu bulan.

Lantas bagaimana persiapan kita menjelang Ramadhan?

Kalau Rasulullah saja sudah menyiapkan diri dan berlatuh menghadapi Ramadhan sejak dua bulan sebelumnya dengan banyak-banyak shaum sunnah, kok kita malah gak sadar ya kalau Ramadhan hanya tinggal 3 hari lagi?

Well belum terlambat untuk bersiap..

Bersyukurlah karena Allah telah mengingatkan kita saat ini, di detik-detik akhir menjelang Ramadhan.

Karena entah kita akan dipertemukan atau tidak dengan Ramadhan kali ini atau tidak olehNya.

Ada baiknya kita mempersiapkan amalan-amalan yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan. Tak ada salahnya mencatat dan menjadwalkan amalan apapun yang ingin kita lakukan, meski itu hanya hal yang kecil, semisal tidak tidur lagi setelah Shalat Subuh, berinfaq, maupun mengingatkan orang lain untuk beribadah (da’wah fardiyah). Tentunya denga tidak pula melupakan hal-hal seperti shalat tarawih berjamaah, meningkatkan tilawah Al Qur’an dan menjadwalkan ingin khatam berapa kali, serta menjadwalkan ibadah sunnah lainnya. Tidak lupa pula menambahkan agenda itikaf di sepuluh malam terakhir.

Dengan aktivitas yang banyak di bulan Ramadhan, jangan sampai pula kita lupa memberikan asupan yang cukup untuk tubuh. Menu dan porsi makan di waktu Sahur dan Berbuka harus diperhatikan. Minum yang cukup dan mengkonsumsi sayur dan buah tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan asupan yang baik Insya Allah akan berimbas pada tubuh yang akan lebih bersemangat untuk beribadah.

Satu hal yang tak kalah pentingnya, apalagi buat teman-teman yang sudah bekerja ialah jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga, melakukan peregangan bagi otot-otot tubuh. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Yang penting tubuh tidak diam saja. Dengan melatih otot-otot, Insya Allah tubuh akan semakin bugar untuk bekerja dan beribadah.

Mudah-mudahan ibadah Ramadhan kita kali ini dapat lebih optimal, dan lebih baik dibandingkan Ramadhan-ramadhan sebelumnya.

Dan mudah-mudahan di ujung Ramadhan nanti kita menjadi orang yang bertakwa.

Aamiin…

1 komentar:

al-hamas mengatakan...

artikelnya bisa dicopas ga'???