CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Kamis, 26 Juni 2008

Belajar Berbicara

Semalem pas brevet dapat pelajaran berharga.. gara-garanya bapak yang ngajarin KUP, Pak Gunawan, tiba-tiba me-review apa yang kemarin udah dia terangkan selama di kelas. Style ngajar dan perawakannya Bapak ini mirip kayak Pak Adit, hanya saja Bapak ini tidak se-tebar pesona Pak Adit. Dan pertanyaan pertama...
"Apa perbedaan pembukuan sama pencatatan..?"
Trus Anak-anak sekelas pada diem. Bapak itu lantas bergerak, mendekati baris tempat duduk saya, ooooh tidak... Lantas sebagaimana orang yang gak pengen ditanya, saya pura-pura nunduk, tapi...dia berhenti tepat di depan saya, fiuhh.. kalimat selanjutnya adalah, "Coba kamu.."
Saya paling gak bisa ditanya secara frontal, pasti deh nervous... Semua kata-kata yang tadinya udah ada di lidah tiba-tiba kayak punya sayap terbang ke langit-langit kelas, hehehe hiperbolis itu mah... Lagian sebenernya siang tadi saya sudah melihat VCD pajak yang gak banget itu dan udah kebayang harus ngejawab apa. Tapi berhubung nontonnya sambil ngantuk-ngantuk gitu...ya...begitulah...
Tampaknya si Bapak tidak menyerah untuk memaksa saya mengeluarkan sedikit suara. Dan terpaksalah saya menjawab, tentunya dengan kalimat yang tidak beraturan..dan dengan suara yang sangaaaat pelan, supaya yang lain gak mendengar kebegoan saya, hehehe..
Si Bapak berkata, "Saya yakin jawaban itu ada di dalam kepala kamu. Hanya saja kamu kesulitan untuk mengungkapkannya. Sering-sering berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat ya...Nanti di dunia kerja kamu perlu untuk mengemukakan pendapat kamu."
Nyampe banget ke hati deh tu nasihat.. Yap, bener..saya harus belajar berbicara, belajar merangkai kata, belajar menyusun kalimat-kalimat terbaik untuk diucapkan...yang pasti sih..belajar buat lebih percaya diri buat mengungkapkannya

Tidak ada komentar: